Kali Woro Purba, Sekolah Sungai Pertama di Dunia

KLATEN (KRjogja.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meresmikan sekolah sungai sebagai gerakan pengurangan risiko bencana yang berlokasi di Kali Woro Purba, Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Minggu (7/8/2016) petang. Sekolah sungai ini diklaim merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia.

Peresmian sekolah sungai Kali Woro Purba dihadiri Kepala BNPB Willem Rampangeli, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Bupati Klaten Sri Hartini, Asisten Deputi Pengurangan Risiko Bencana Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Herbin Manihuruk, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala BNPB, Willem Rampangeli, mengatakan, dibentuknya sekolah sungai Kali Woro Purba merupakan kerjasama antara BNPB, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), UGM, dan komunitas pegiat sungai yang ada di Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

“Sekolah sungai ini merupakan yang pertama di republik ini (Indonesia) dan bahkan yang pertama di dunia. Sungguh upaya ini sangat membanggakan kita sebagai bangsa yang besar,” ujar Willem. (M-7)

BERITA REKOMENDASI