Kerjokidul Ngadirojo Jadi ‘Kampung Singkong’

WONOGIRI (KRjogja.com) – Kabupaten Wonogiri menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Jateng yang bakal  memiliki kampung singkong. Penetapan Desa Kerjokidul Kecamatan Ngadirojo  sebagai 'kampung singkong' merupakan hasil kerjasama Pemkab Wonogiri bersama Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Selain Wonogiri, program yang sama juga dilakukan UGM di Kabupaten Gunungkidul (DIY).

Hal tersebut dikemukakan Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri Drs S Pranowo MSi didamping Kabid Tanaman Pangan Dipertan Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Ir Tri Luwarso menyongsong peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke 36/2016 di aula KKP Wonogiri, Rabu (12/10/2016). Puncak peringatan HPS akan digelar di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Senin (17/10/2016) mendatang.

Diakui Pranowo, sesuai tema HPS tahun ini 'Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim', ada sejumlah komuditas bahan  pangan yang hasil produksinya tidak seperti kebutuhan tapi ada pula yang berlebih atau  surplus akibat terjadinya perubahan iklim dewasa ini.  

"Produksi ikan misalnya hanya 5.983 ton padahal kebutuhan konsumsi 9.836 ton yang artinya kekurangan 4.033 ton," papar Kepala KKP. Sedangkan produksi yang surplus, padi surplus 143.435 ton, jagung (291.373 ton), ubikayu atau singkong (536.194 ton) dan kacang tanah surplus 34.141 ton.

Ditambahkan Pranowo, memeriahkan puncak peringatan HPS Ke-36 pihaknya menggelar lomba mewarni antarmurid TK (1.000 peserta), lomba menu makanan non beras antar PKK kecamatan se Wonogiri, pameran Produksi dan Teknologi Petanian. "Disamping itu akan dipentaskan wayang beber yang kini kian langka dengan mengambil cerita 'Pranoto Mongso' serta ada pentas pantomim," terangnya. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI