Kompetisi Matematika online Digelar

TANGERANG, KRJOGJA.com –  Kompetisi  matematika daring Eduversal Mathematics Competition (EMC) digelar untuk pertama kalinya di Indonesia.  Kompetisi matematika daring (online) yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini akan memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.
 
Demikian Direktur Edukasi Universal Indonesia (Eduversal), Dwi Prajitno Wibowo di Eduversal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Kamis  (5/9 2019).
 
Ini akan dibagi menjadi dua tahap lomba, yakni tahap penyisihan yang dikerjakan secara daring dan final (luring).  
 
"Untuk tahap penyisihan ini dikerjakan secara online, bisa dikerjakan di manapun, di sekolah ataupun di rumah.  Lomba ini dibagi lagi berdasarkan level kelas siswa di sekolah, ada mulai dari kelas 5-11," kata Dwi.
 
Setelah babak penyisihan, di setiap level akan dipilih peserta EMC dengan nilai terbaik.  Untuk tahap ini, ke-10 peserta terpilih di masing-masing level tersebut akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu. 
 
Dari peserta yang terpilih di babak penyisihan, nantinya akan dipilih kembali 150 terbaik nasional di masing-masing level untuk maju ke babak final. 
 
 Untuk tahapan final, kata Dwi, akan dilakukan secara luring (offline) di masing-masing test center yang telah ditentukan dan tersebar di sejumlah kota dari barat hingga ke timur Indonesia.  
 
"Tes di lakukan di masing-masing test center di antaranya di Bandung, makassar, Surabaya, Pekanbaru, Medan, Semarang, di Bogor juga ada," sebut Dwi.
 
Dalam tes final, kata Dwi, sengaja digelar secara luring untuk memvalidasi kemampuan peserta kompetisi matematika yang sebelumnya terseleksi melalui proses tes daring.  Tidak hanya digelar luring, tes final juga akan menggunakan paper based test (PBT).
 
"Ini untuk mengantisipasi sejumlah test center yang tidak memiliki fasilitas untuk menggelar Computer Based Test (CBT)," ujarnya.
 
Dari hasil tes final ini akan dipilih peserta terbaik untuk mendapatkan gelar juara 1, 2, 3 hingga Honorable mention.  Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 5.000.000 (juara I),  Rp 3.000.000 (juara II), dan Rp 2.000.000 (juara III), sedangkan Honorable mention akan mendapatkan masing-masing Rp 1.000.000.
 
"Hadiah ini akan dibagikan di setiap level kelas," jelasnya.
 
Kompetisi ini terbuka untuk pelajar kelas 5-11 di seluruh Indonesia, baik sekolah formal maupun nonformal.  Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://emc.kompetisi.net
 
Bagi pelajar yang ingin mengikuti kompetisi ini, proses pendaftaran sudah dibuka sejak 1 juli hingga 5 Oktober 2019.
 
Ajang EMC sendiri akan berlangsung pada Oktober-November 2019, sedangkan pmberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2020.  Tahap penyisihan akan dilakukan pada 12 Oktober dan diumumkan hasilnya pada 19 Oktober 2019.
 
"Untuk Final di tanggal 16 November 2019,  pengumuman final 23 November, 23 Februari penyerahan hadiah. Silakan dicatat jadwalnya," papar Dwi.
 
Dwi menegaskan, EMC ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Edukasi Universal Indonesia, sebuah konsultan pendidikan sekaligus provider program pendidikan.  Kompetisi ini digelar untuk mempermudah akses anak-anak Indonesia terhadap se
 
 
 
 
Akan dipilih peserta terbaik untuk mendapatkan gelar juara 1, 2, 3 hingga Honorable mention.  Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 5.000.000 (juara I),  Rp 3.000.000 (juara II), dan Rp 2.000.000 (juara III), sedangkan Honorable mention akan mendapatkan masing-masing Rp 1.000.000. "Hadiah ini akan dibagikan di setiap level kelas," terang dia.(ati)
 
 
 
 

BERITA REKOMENDASI