Kundha Kabudayaan Kulonprogo, Bina Sineas-sineas Muda Melalui Sekolah Film

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kulonprogo kembali menggelar sekolah film. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengulangi kesuksesan kegiatan serupa pada 2019 lalu. Melalui program pembinaan tersebut lahir sineas-sineas muda di kabupaten ini.

Kepala Kundha Kabudayan setempat Niken Probolaras mengatakan, jika pada tahun lalu sekolah film dikemas dengan pemberian materi di kelas dilanjutkan praktek membuat karya berdurasi sekitar sepuluh menit maka pada tahun ini peserta sekolah film diminta membuat film pendek berdurasi 30 menit dengan tema berbeda-beda. “Ada empat kelompok yang akan memproduksi film pendek dengan dukungan Dana Keistimewaan. Karena masih dalam masa pandemi virus Korona, maka produksi film diwajibkan mentaati protokol kesehatan,” tegasnya sebelum pengambilan gambar perdana di Kompleks SMK Negeri 2 Pengasih, Sabtu (5/9/2020).

Kundha Kabudaya ungkap Niken berkomitmen akan terus membina sineas-sineas dari Sekolah Film. Melalui karya film, potensi unggulan Kulonprogo baik sektor pariwisata, kebudayaan maupun potensi lainnya bisa terangkat. “Sekolah Film tahun ini kelas advance atau menengah. Jika pada tahun lalu para peserta sudah mendapatkan materi dasar maka tahun ini dilanjutkan ke materi yang lebih tinggi, dengan memproduksi film pendek,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI