Lomba Esai dan Desain ITNY, Era Kendaraan Listrik di Indomesia

Editor: Ary B Prass

 

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prodi Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Lomba Esai dan Lomba Desain tingkat Nasional bagi siswa SMA/SMK/sederajat. Ir Wartono MEng, Kaprodi Teknik Mesin mengatakan, Lomba Esai bertema ‘Menyongsong Era Kendaraan Listrik Indonesia’.

“Tahap presentasi Lomba Esai dan Lomba Desain memilih 10 besar pemenang telah dilakasanakan, Kamis 12 Agustus,” ujarnya, Jumat (13/8/2021).

Wartono dalam sambutan secara daring mengatakan, telah lolos 10 besar. “Ajang ini merupakan media kompetisi bagi siswa SMA/SMK/MA untuk berkompetisi dan mengasah kemampuan menuangkan ide dan inovasi,” ucapnya.

Dijelaskan, hal ini sejalan dengan lulusan Prodi Teknik Mesin ITNY yang juga memiliki keahlian dalam mendesain dan membangun mobil listrik dengan didukung oleh prestasi yang diraih tim mobil listrik yang langgangan mendapatkan juara dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Sedangkan lomba desain tersebut bernama ITNY Mechanical Design Challenge 2021. Melalui kompetisi ini memang diharapkan siswa-siswa SMA/SMK/sederajat mampu mengembangkan kemampuan inovasi dan perancangannya dengan mempertimbangkan aspek teknis dan estetika yang sudah dipelajari.

Keterlibatan siswa dalam kompetisi desain ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam berinovasi serta meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui teknologi. (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI