Mau Tahu Sejarah Mata Uang Indonesia? Yuk.. Ke Vredeburg

YOGYA, KRJOGJA.com – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menggelar pameran Museum Perjuangan Expo 2018 di Museum Perjuangan, Jalan Kolonel Sugiyono 24 Yogyakarta, Rabu-Minggu (2-6/5/2018). Pameran mengangkat tema 'Indonesia Adalah Kita'.

Acara diawali upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Museum Perjuangan Yogyakarta melibatkan pelajar SD-SMA, komunitas museum, peserta stan UKM, UPT Kemdikbud di DIY, Muspika Mergangsan dan warga sekitar Museum. Kemudian dilanjutkan pembukaan pameran oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan peninjauan stand.

Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Dra Zaimul Azzah MHum mengatakan, pameran kali ini didukung pameran temporer bertema 'Melihat Indonesia Melalui Mata Uang'. "Pameran temporer ini berisi tentang sejarah dan koleksi mata uang sejak masa sebelum penjajahan sampai muncul uang rupiah," terang Zaimul kepada wartawan disela acara pembukaan, Rabu (2/5/2018).

Pameran dimeriahkan 32 stand pendukung terdiri stand kerajinan, hasil harya mahasiswa, stand busana dan kuliner. Kegiatan pendukung lainnya, berupa workshop untuk pelajar berupa memanah, menulis dan cetak puzzle. Workshop untuk masyarakat umum berupa strategi bisnis online dan menghias baju.

Selain itu pentas kesenian berbagai kalangan, mulai anak TK hingga penampilan potensi kesenian dari Keluarah Brontokusuman. "Melalui pameran ini kita tumbuhkan kecintaan masyarakat terutama pelajar untuk cinta museum. Setalah mengenal sejarah bangsanya, diharapkan tumbuh rasa cinta tanah air dan bela bangsa dalam diri generasi muda," pungkas Zaimul. (Dev)

BERITA REKOMENDASI