Mendikbud: Harus Ada Tolak Ukur Evaluasi Akhir Pembelajaran

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan  bisa hanya semuanya terjadi evaluasi di dalam sekolah.

"Menurut saya harus ada semacam tolak ukur. Itu penting. Nggak bisa hanya semuanya terjadi evaluasi di dalam sekolah. Tapi kenyataannya sekarang, maksud dan makna tes skala nasional adalah evaluasi terhadap sistem pendidikan" demikian Nadiem.

Menurut Nadiembaik itu dari  sekolah maupun area geografis. Kenyataan di lapangan itu menjadi tolak ukur untuk prestasinya siswa.  "Ini lah kesalahan yang menurut saya terjadi. Siswa yang mungkin bisa dirugikan dan merasa dia itu gagal kalau angkanya tidak memadai."

Sselain itu, kata Nadiem kurikulumnya sangat padat jadinya karena materinya begitu besar yang tadinya esensi kurikulum 2013 yang sangat baik sebenarnya yaitu unit of inkuiri multi disiplin. Tegas Nadiem.
Karena banyaknya dan semuanya harus kejar tayang jadinya itu

Mengenai administrasi dan UN, Nadiem menegaskan pidatonya saya sudah cukup jelas ya. Satu, banyak sekali aturan yang dikeluarkan dengan niat dan itikat yang sangat baik. Tapi yang mungkin belum dilakukan adalah evaluasi. Apakah benar aturan tersebut meningkatkan mutu? Di konsep guru itu ada namanya metakognitif.

" Itu namanya refleksi. Kita melakukan sesuatu lalu kita pause. Kita melihat dulu. Setelah kita lakukan berhasil atau tidak. Dan kalau tidak kita ubah. Kenyataannya step itu yang kadang missing. Demikian Mendikbud.(ati)
 

BERITA REKOMENDASI