Mendikbud Tetap Jalankan ‘Full Day School’

BANTUL (KRjogja.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tetap menjalankan kebijakan 'full day school' jenjang pendidikan SD dan SMP meski menuai kontroversi di masyarakat.  

"Timbulnya pro dan kontran di masyarakat terkait dengan rancangannya tersebut karena (masyarakat) belum mengetahui tahu konsepnya (full day school mendikbud). Insya Allah tetap akan jalan," ujarnya kepada wartawan usai meluncurkan mobil formula hybrid di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul, Rabu (10/08/2016).

[Mendikbud Muhadjir bakal Terapkan 'Full Day School']

Muhadjir mengungkapkan, ide dasarnya adalah untuk  pembentukan karakter dan kepribadian siswa SD dan SMP di Indonesia. Gagasan utama menerapkan full day adalah guna melakukan pendidikan karakter dan kepribadian yang mesti diberikan kepada anak sejak dini.  "Pendidikan karakter juga harus diberikan kepada siswa SD hingga SMP dan tidak ada jeleknya sekolah ikut menanggung," jelasnya.  

[Indonesia Butuh Full Day School?]

Ketua  Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Bantul, Zahrowi mengatakan,  ide dari Mendikbud tersebut tidak bisa disikapi dengan gegabah. “Yang menolak jangan gegabah, yang setuju dengan ide itupun tidak boleh gegabah, semua harus lewat kajian mendasar, jangan sampai ada pihak dirugikan,” ujar Zahrowi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI