Miftakodin Raih Juara 3 Kepsek Berprestasi Tingkat Nasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Berkat keuletan dan profesionalitas dalam mengemban tugas, Kepala SMAN 6 Yogya Drs Miftakodin MM berhasil meraih juara 3 lomba Kepsek berprestasi tingkat nasional. Salah satu inovasinya yakni mengembangkan penampilan sekolah untuk mendukung pendidikan karakter baik guru maupun siswa.

"Mengikuti lomba kepala sekolah tingkat nasional ini melalui beberapa seleksi di tingkat Kota Yogya dan provinsi DIY. Dari hasil portofolio dan saat presentasi di Jakarta, Alhamdulilah berhasil meraih juara tiga," kata Miftakodin kepada KRjogja.com, Sabtu (20/08/2016).

Untuk mengikuti lomba kepsek berprestasi ini Miftakodin membutuhkan waktu dua pekan menyiapkan semua portofolio yang diperlukan. Selama empat tahun mengemban tugas sebagai kepsek di SMAN 6 Yogya ia berusaha meningkatkan prestasi sekolah melalui penampilan sekolah dan pendidikan karakter, termasuk memfasilitasi sarana dan prasarana untuk menumbuhkan nilai karakter baik siswa maupun guru.

"Penampilan sekolah itu penting karena hal ini menjadi citra di mata masyarakat. Untungnya selama menjabat di SMAN 6 Yogya, kami berhasil merelokasi PKL yang biasa berjualan di sekitar lingkungan sekolah. Serta memastikan tembok sekolah tidak jadi sasaran vandalisme," bebernya.

Menurutnya, agar bisa menjadi kepala sekolah berprestasi semua kepala sekolah bisa mengembangkan lima kompetensi antara lain kepribadian, managerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. "Ketika seorang kepsek bisa melakukan itu semua harapannya bisa mengemban amanah dengan baik," pungkasnya. (*-1)

BERITA REKOMENDASI