Minat Guru Melakukan Penelitian Ternyata Masih Rendah

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rendahnya minat guru dalam melakukan penelitian dan publikasi Ilmiah menjadi keprihatinan tersendiri bagi kalangan Perguruan Tinggi. Maka dari itu, pengurus MGMP Matematika Madrasah Aliyah Se-DIY menggandeng Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata (Pmat UAA) untuk melakukan workshop penulisan dan publikasi karya ilmiah. 

Kaprodi Pendidikan Matematika UAA, Rino Richardo kepada KRJOGJA.com, Selasa (5/11/2019) di MAN 3 Sleman menuturkan peluang untuk menulis dan publikasi karya ilmiah melalui jurnal nasional sangatlah terbuka lebar. Meski demikian peminat terutama dari guru masih tergolong minim. 

"Maka bagaimana kita dorong guru-guru matematika untuk dapat sesering mungkin membuat penulisan karya ilmiah dengan harapan dapat dipublikasikan di berbagai jurnal nasional," ujar Rino.

Selain workshop, selanjutnya para guru akan mendapat bimbingan secara berkala oleh pemateri sampai artikel terpublis pada jurnal nasional memiliki International Standart Book Number (ISBN).

Ketua MGMP Matematika MA DIY Bapak Triyono, S.Pd berharap para guru dapat memanfaatkan hasil publikasi tersebut untuk kenaikan pangkat, khususnya guru yang sudah memliki golongan IVa ke IVb dan seterusnya. 

"Mengingat selama ini guru banyak mengalami kesulitan untuk menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya akibatnya kenaikan pangkatnya tersendat," jelasnya.

Beberapa materi yang disampaikan yakni penulisan jurnal ilmiah , pengenalan aplikasi mendely dan sebagainya oleh dosen-dosen Pmat UAA. (Aje)

BERITA REKOMENDASI