Mulai 2020, Penyaluran Dana BOS Langsung ke Sekolah

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim Kamis (16/1 2020) menjelaskan penyaluran dana  bantuan operasional sekolah (BOS) langsung  ke sekolah. Langkah ini dinilai lebih efektif karena dana akan langsung sampai kepada pihak yang berkepentingan.

“(Penyalurannya) dari Kementerian Keuangan langsung ke sekolah.  Ini supaya lebih efisien dan lebih cepat tersalur karena jalurnya langsung,” kata Ainun.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkordinasi dengan Kemenkeu untuk memberikan data setiap sekolah guna menentukan jumlah dana yang dibutuhkan.  Sedangkan pemerintah daerah yang sebelumnya turut menyalurkan dana BOS saat ini bertugas memonitor kinerja sekolah.

“Sekolah-sekolah sekarang di bawah pemerintah daerah, SD dan SMP untuk Kabupaten dan SMA untuk Provinsi. Mereka memonitor terkait kinerja sekolah,” ujarnya.

Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS ke depannya, Ainun mengatakan, sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi.

“Di Kementerian tentu ada guideline, kemudian ada Inspektorat di daerah-daerah juga ada inspektorat daerah untuk mengawasi nanti,” tandasnya.

Sebelumnya, masalah keterlambatan penyaluran program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terus berulang di sejumlah daerah. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Harris Iskandar pun mengakui kondisi tersebut. "Masalahnya ada sistem administrasi pemerintahan di daerah yang harus diikuti," ujar Harris .

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak Kemendikbud saat ini tengah membahas skema baru penyaluran dana BOS yang lebih efektif.(ati)

BERITA REKOMENDASI