Mulai Hari Ini, 38 Ribu Casis Berebut Kursi SMA dan SMK DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 38 ribu lebih calon peserta didik (calon siswa/Casis) akan memperebutkan 32.000 kursi SMA dan SMK Negeri di DIY melalui seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DIY 2020, yang dimulai Senin (29/6/2020) hari ini sampai Kamis (2/6/2020) mendatang. Dari jumlah itu, terdapat sekitar 1.600 calon yang ber-C1 dari luar DIY, yang akan bersaing di jalur prestasi dan jalur pindah orang tua.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya SE MPd MM kepada KRJOGJA.com, Minggu (28/6/2020) mengemukakan, untuk seleksi PPDB SMA dan SMK DIY, terdapat 4 jalur, di mana setiap jalur terdapat kuota yang disediakan untuk setiap sekolah. Sedangkan peluang, tergantung dari kuota dan berapa besar peminat di jalur tersebut.

Untuk kuota, terbesar di jalur zonasi yakni 55 persen. Selanjutnya jalur prestasi sebesar 20 persen, jalur afirmasi 20 persen dan jalur pindah orang tua 5 persen. Sesuai ketentuan di juknis, setiap calon peserta didik dalam pilihannya, hanya boleh satu jalur. Tidak bisa lagi dalam mengisi pilihannya, beda jalur. Misalnya, jika mengambil jalur prestasi, maka pilihan 1 sampai 3, menggunakan jalur prestasi.

BERITA REKOMENDASI