Pembelajaran Jarak Jauh Utamakan Pendidikan Karakter

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyatakan, dalam pembelajaran jarak jauh di saat pandemi Covid-19, lebih mengutamakan pendidikan karakter. Untuk itu orangtua mendapat kesempatan berkolaborasi dengan guru dan siswa untuk pelajaran bermakna berahlak mulia. “Perlu kolaborasi antara Kemendikbud dan seluruh masyarakat,” kata Mendikbud.

Mendikbud menyampaikan hal itu secara virtual dalam acara HUT ke-98 Tamansiswa, Jumat (3/7/2020). Acara disiarkan dari Studio 1 di Gedung Data Kompleks Pendapa Tamansiswa Yogyakarta dan Studio 2 di Perguruan Tamansiswa Cabang Jakarta. Pemandu acara di Studio 1 Panitera Harian Nyi Hermin Tri Prasetyowati MPd, sedang pemandu di Studio 2 Panitera Umum Ki Dr Saur Panjaitan XIII MM.

Mendikbud menyatakan Tamansiswa sudah membuktikan eksistensi dan kontribusinya dalam pendidikan karakter sesuai dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara. Ajaran Ki Hadjar adalah ‘Niteni Niroke Nambahi’ Inovasi tanpa harus mengubah seluruhnya, tetap mempertahankan nasionalisme. Sejak awal Ki Hadjar mengedepankan pendidikan budi pekerti atau karakter. Fondasi pendidikan karakter adalah keluarga.

BERITA REKOMENDASI