Pembelajaran Musik Tradisi Direkomendasikan dalam Kongres Musik Tradisi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kongres Musik Tradisi Nusantara menghasilkan sejumlah rekomendasi diantaranya menyediakan dan memasukkan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal dan informal.

“Kongres yang diselenggarakan sejak beberapa hari terakhir ini memang merekomendasikan pembelajaran musik tradisi di jenjang pendidikan baik formal maupun informal. Ini yang nantinya akan kita sesuaikan pembelajarannya dengan jenjang pendidikannya,” ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, dalam taklimat media di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Pembelajaran musik tradisi pada jenjang PAUD berbeda dengan jenjang yang lebih lanjut. Pembelajaran tersebut juga disesuaikan dengan sumber daya manusia. “Kita berharap ketersediaan tenaga pengajar di sekolah mencukupi,” kata Hilmar.

Rekomendasi lainnya menurut Hilmar, yakni pentingnya melakukan sistem pendataan musik tradisi Nusantara, baik yang terdapat di dalam dan di luar negeri yang akan disimpan pada pusat pangkalan data Kemendikbudristek dan Kemenkumham.

BERITA REKOMENDASI