Pemerintah Canangkan Wajib PAUD

DEPOK, KRJOGJA.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencanangkan wajib Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setahun sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD). Hal ini mengurangi angka droup out awal SD dan meningkatkan prestasi belajar.

Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar di Pusdiklat Kemdikbud menjelaskan cara ini merupakan alat yang paling ampuh guna memformat kualitas manusia yang membangun secara berkelanjutan kesehatan, kesejahteraan manusia, lingkungan, dan ekonomi. Bahkan,  mempengaruhi kualitas kehidupan.
 

"Pencanangan Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra SD harus segera dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Format kualitas manusia harus bagus sedini mungkin diperbaiki, karena menentukan generasi mendatang,” kata Harris.

Menurut Harris ke depannya pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah beserta masyarakat harus bisa menjamin anak perempuan dan laki-laki memiliki akses pengasuhan anak usia dini.

Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati berharap melalui berbagai dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dapat berkomitmen secara nyata dan substantif untuk memajukan PAUD di daerahnya masing-masing. Pemerintah pusat telah membantu dengan memberikan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI