Pemerintah Revitalisasi SMK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi menjelaskan guna mengatasi pengangguran lulusan SMK diadakan rembug pendidikan SMK termasuk melakukan revitalisasi.

Menurut Mendikbud juga akan meminta masukan pengusaha guna menentukan kurikulum sebagai pengguna tenaga dari lulusan SMK. "Ini jadi taruhan Kemendikbud apakah betul bisa buktikan revitalisasi SMK berjalab n sesuai yang diharapkan. Kita minta pengusaha yang menentukan mulai dari kurikulum proses pembelajaran hingga alat sokongan semua kita harapkan dari dunia industri yang akan memanfaatkan," tegasnya.

Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad menjelaskan sudah mendapatkan amanah melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2016 bahwa SMK harus direvitalisasi untuk merespon perkembang pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan  industri.

"Ada 6 yang diamanatkan ke Kemendikbud,yang utama ada yakni bagaimana menyesuiakan kurikukum dengan perubahan dunia usaha.  Lalu, meningkatkan jumlah dan kompetensi tenaga pendidik SMK. Ini menjadi motor utama,kemudian kita meningkatkan  kerjasama dengan dunia usaha, kementerian dan lembaga," tandasnya.  (Ati)

SMK

BERITA REKOMENDASI