Pemkot Magelang Berikan Pendidikan Gratis

MAGELANG (KRjogja.com) – Pemerintah Kota Magelang memiliki anggaran yang cukup besar untuk memberikan fasilitas pendidikan dan kesehatan gratis kepada warganya andai sebagian wilayah Kabupaten Magelang jadi bergabung. Selain itu, status desa asal kabupaten tidak akan dirubah menjadi kelurahan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Sugiharto Minggu (21/08/2016) menegaskansiap menerima 13 desa di Kabupaten Magelang jika benar-benar bisa bergabung. "Tapi sampai saat ini, sebelum ada kesepakatan, tidak ada sejengkal tanah pun yang masuk ke Kota Magelang," katanya.

Dengan postur anggaran lebih dari Rp 1 triliun, APBD Kota Magelang cukup untuk mengkover kesehatan dan pendidikan gratis bagi seluruh warganya. "Memang sekarang sudah ada BOS tapi di kita (Kota Magelang) tidak ada pungutan sedikitpun untuk ini untuk itu," jelasnya.

Untuk pendidikan gratis, pihaknya menganggarkan Rp 24 miliar di tahun ini. Kemudian sekitar Rp 8,5 miliar untuk kesehatan gratis bagi warga yang belum memiliki jaminan kesehatan. (Bag)

 
 

 

BERITA REKOMENDASI