Pemprov Jateng Akan Bangun SMK di Zona Merah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) berencana akan membangun unit sekolah baru (USB) di kabupaten/kota yang masuk kategori zona merah atau daerah miskin.

“Ada 15 kabupaten kota di Jateng yang masuk zona merah, termasuk Kabupaten Purworejo,” kata Kasubid Mental Moral dan Spiritual bidang Pendidikan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Jateng Drs Indarto Edi Cahyono, Selasa (3/9/2019).

Dalam Sosialisasi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) tahun 2019 di Gedung Kesenian Kabupaten Purworejo Indarto Edi Cahyono menjelaskan, bahwa pembangunan USB SMK baru ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada warga masyarakat, terutama dari kalangan keluarga miskin untuk bisa menempuh pendidikan di SMK yang siap kerja. 

“Dari USB SMK baru ini akan dilengkapi dengan asrama siswa. Dan paling tidak dari daya tampung sekitar 1500 siswa setiap sekolah, ada sekitar 100 siswa yang diberi fasilitas sekolah gratis,” jelasnya.

Dalam sosialisasi yang dibuka Sekda Purworejo Drs Said Romadhon dan dihadiri berbagai stakhoder hingga tingkat desa ini, Indarto Edi Cahyono meminta kepada daerah yang ada anak usia sekolah tapi tidak bersekolah dengan berbagai alasan, agar dilaporkan ke Pemprov Jateng. 

“Terutama karena keterbataan, termasuk keterbatasan fisik sehingga yang bersangkutan sulit untuk menempuh pendidikan secara normal, termasuk di SLB,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Said Romadhon juga menekankan akan pentingnya pendidikan untuk pengentasan kemiskinan. “Tingkat pendidikan masyarakat ini harus terus meningkat,” pintanya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI