Pendamping Sosial Jangan Berhenti Belajar

YOGYA, KRJOGJA.com – “Tujuan mengikuti pelatihan adalah untuk menimba ilmu. Selanjutnya ditransferkan segala pengetahuan yang didapat saat pelatihan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di lapangan.” Pesan Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial Kemensos RI, Prof Syahabbudin, saat membuka Diklat Family Development Session(FDS) Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH ) di Balai Besar pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta.

“Masalah pendidikan dan Pengasuhan Anak, Pengelolaan ekonomi Keluarga, Perlindungan Anak, cara menghadapi dan merawat lansia serta cara memperlakukan Disabilitas. Semua penting dan baik untuk dipelajari…Jangan pernah berhenti belajar,” jelas Syahabuddin.

Menurut Syahabuddin, SDM PKH adalah corong Kementerian Sosial (Kemensos), tentara dan bala Kemensos. Pesan Menteri Sosial Juliari Batubara kepada seluruh SDM PKH yaitu, pertama, tetap menjadikan Pancasila dan NKRI sebagai harga mati. Kedua, jangan pernah memegang KKS KPM. Ketiga, kalau ada labelisasi di rumah KPM dalam bentuk rumah kelompok miskin, tolong diganti menjadi kelompok penerima manfaat atau prasejahtera, jangan sampai anak-anak jatuh mental. Keempat, yang akan berafiliasi atau mencalonkan diri atau menjadi tim sukses tolong keluar dari SDM PKH. Jagalah nama baik Kementerian Sosial.

BERITA REKOMENDASI