Pendidikan Harus Inovatif dan Kolaboratif

BANTUL, KRJOGJA.com – Lesson study sebenarnya telah mengajarkan, pendidikan harus inovatif dan kolaboratif. Inovasi dan kolaborasi mendorong untuk maju bersama tanpa ada stigma dan diskrimanasi sekolah.

Demikian ditegaskan Isdarmoko MPd MPar, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bantul saat membuka kegiatan Pendampingan SMP Bermutu Berbasis Zonasi melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC) di Hotel Grand Dafam Rohan, Jalan Raya Janti, Kamis (21/11/2019).   

Hadir dan memberi pengantar Sri Sumarni Setiyati SPd (Kasi Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud), Mintajul Ngabidin SPd MSi (Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan DIY). Hadir sebagai narasumber Dr Ali Mustadi MPd, Dr Widarto, Dr Siti Mahripah MA, ketiganya dari Pascasarjana UNY. Kegiatan ini berlangsung hingga Jumat (22/11/2019), para peserta akan praktik di SMPN 1 Sewon.  

Menurut Isdarmoko,  Lesson study suatu proses kolaboratif pada sekelompok guru ketika mengindentifikasi masalah dan merancang pembelajaran. "Dunia pendidikan saat mengindari biasane, pendidikan harus berinovasi," ujarnya. 

Sedangkan Dr Ali Mustadi dalam penyampaian materi antara lain mengatakan, sebelum era zonasi pendidikan ada dalam stigma diskriminasi,  kastanisasi,  sekolah unggulan, sekolah favorit, sekolah Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI). "Era sekarang diskriminasi sudah tidak ada lagi. Lesson study berbasis komumitas, kolaborasi mengajarkan sekolah maju bersama," tandasnya. Siswa, guru harus punya semangat saling belajar dan maju bersama. Berbekal komunikasi, kritis secara positif, kreatif dan kolaborasi semangat untuk maju bersama bisa diraih. 

Sementara Sri Sumarni dalam pengantar menyebutkan, kegiatan diikuti 48 guru dari 5 sekolah di Kabupaten Bantul. Sekolah itu, SMPN 1 Sewon, SMPN 2 Sewon, SMPN 3 Sewon, SMP Ma'arif Sewon dan SMP Muhammadiyah Sewon.

Ditambahkan Sri Sumarni, dari Pembinaan SMP, tujuan umum kegiatan ini, meningkatkan mutu proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan berbasis learning community melalui lesson study. Tujuan khususnya, meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang konsep dan praktik-praktik terbaik pelaksanaan pembelajaran berbasis learning community. "Kegiatan ini meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran berbasis learning community," ucapnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI