Pengabdian masyarakat mahasiswa FEB-UAD, Demo Kreasi Masak dan ‘Accounting’

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bisnis Jasa dan Makanan (Bisma) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan Pengabdian Masyarakat di Dusun Saradan, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Minggu (18/10/2020). Kegiatan berlangsung di rumah Ponirin selaku Dukuh Dusun Saradan.

Meko Bahrur Mikrod dan Andi Maulana, dari HMPS Akuntansi mengatakan, bentuk kegiatan berupa demo Kreasi dan Accounting In Action. Dengan mengusung tema ‘Simple Step for Agent of Change’ dalam kegiatan ini, HMPS Akuntansi dan HMPS Bisma mempunyai tujuan yaitu dengan sebuah langkah sederhana namun membawa perubahan besar dalam membantu memulihkan perekonomian masyarakat desa yang menurun pada masa pandemi saat ini.

Acara ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK yang merupakan komunitas dari Dusun Saradan dengan beranggotakan 25 orang. “Para peserta sangat antusias dengan adanya kegiatan ini,” kata Meko.

Hal ini terbukti saat demo kreasi masak dimana ibu-ibu ikut berkecimpung dalam pembuatan keripik bayam serta mie ayam pelangi dengan tambahan pewarna alami dari sayuran. Bukan hanya sekadar membuat produk saja, tetapi ibu-ibu juga dibekali ilmu mengenai marketing berupa analisis SWOT, promosi, serta berbagai macam marketplace yang disampaikan oleh

Meka Bahrunur Mikrod dan Andi Maulana selaku anggota dari HMPS Akuntansi menyebutkan, analisis yang disampaikan ini merupakan analisis dasar agar usaha yang dirintis maupun usaha yang ingin dikembangkan peserta dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Sedangkan Ponirin mengatakan, selaku Dukuh Saradan, sangat terbuka kepada para mahasiswa yang mau terjun mengabdi di masyarakat. “Saya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini. Karena membangun tempat ini butuh banyak perjuangan,” kata Ponirin.

Ponirin berharap, untuk kedepannya masyarakat dapat berkomunikasi terus berhubungan baik seperti ini dengan para mahasiswa. “Saya berharap agar mahasiswa juga mau memberikan pengalaman, dukungan, motivasi kepada para anak-anak muda khususnya yang masih bersekolah di desa ini agar mempunyai pendidikan yang tinggi, dengan seperti itu maka tingkat pendidikan di dusun Saradan ini dapat meningkat,” harapnya.

Menurut pemateri, yakni Milenia IWn Ynggi GN, Bagus SK dari Prodi Bisma, pengetahuan mereka mengenai jenis promosi dan market place ini perlu mereka bagi kepada peserta kegiatan karena ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam merintis usaha pada masa pandemi dengan tingkat kemajuan teknologi dan informasi saat ini.

Pada sesi materi mengenai marketing ini, peserta kegiatan diharapkan dapat mengerti bagaimana merintis usaha mikro dan menengah walaupun peserta kegiatan merupakan seorang ibu rumah tangga.

Pada akhir acara panitia memberikan reward kepada peserta yang aktif dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ucapan terimakasih pun disampaikan dengan penuh suka cita. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI