Pengumuman UN SMP/MTS Mundur Tak Pengaruhi PPDB

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta Sabtu (19/5 2018) memastikan mundurnya pengumuman UN SMP/Mts tidak berpengaruh pada penerimaan peserta Didik baru (PPDB) karena semua ada di bawah pemerintah daerah.

Karena itu, Mendikbud meminta pemerintah daerah dan semua pihak terus mengawal pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui sistem zonasi. Dukungan dari semua pihak dinilai mampu menyukseskan PPDB di tahun 2018 ini. "Kita harus tingkatkan sistem zonasi ini. Jika tidak, maka sekolah yang berkualitas itu tidak akan tumbuh di setiap zonasi," katanya.

Mendikbud menjelaskan sistem zonasi yang digulirkan pemerintah bertujuan untuk pemerataan guru, kualitas pendidikan dan menciptakan sekolah-sekolah favorit baru. Untuk mencapai itu,  mengaku telah berupaya mengentaskan masalah-masalah yang muncul ketika PPDB sistem zonasi tahun lalu.

"Tapi, yang sampai sekarang belum selesai itu masalah siswa ilegal di SMAN 2 dan 13 Medan. Karena itu, saya minta pak Kadisdik dan pemerintah setempat segera cari solusinya. Jangan sampai berlarut-larut," jelasnya.

Selain itu, Kemendikbud secara jelas dan detail telah mengatur PPDB sistem zonasi Permendikbud Nomor 17 tahun 2017. Karena itu, dia mengimbau, pemerintah daerah dan pihak sekolah benar-benar mempelajari Permendikbud tersebut. "Diharapkan pada PPDB tahun 2018 nanti tidak banyak masalah-masalah yang muncul. Dengan begitu, cita-cita dalam menciptakan sekolah favorit baru dan pemerataan kualitas pun bisa terealisasikan."  (ati)

 

BERITA REKOMENDASI