Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah di Masa New Normal

YOGYA, KRJOGJA.com – Terdapat tipologi guru madrasah dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Keempat tipologi yang diketengahkan, yaitu New Normal Growth Adaptation (10 persen), Situational Adaptation (65 persen), Fixed Adaptation (20 persen) dan Block Non Adaptation (5 persen).

“Artinya mayoritas guru madrasah mulai memahami bahwa situasi pandemi ini akan berlangsung lama sehingga harus melakukan berbagai adaptasi yang situasional. Dari sinilah pentingnya guru melakukan upgrading terhadap dirinya sendiri dalam menghadapi pandemi yang masih belum terlihat titik kesudahannya,” kata Ketua Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kanwil DIY Dr Imam Machali MPd, Minggu (5/7/2020).

Hal tersebut seperti yang disampaikannya dalam Webinar Nasional dengan tema ‘Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru di Era New Normal’, kerjasama Lughotuna.id dengan PPM Kanwil DIY, Sabtu (4/5/2020). Kegiatan tersebut dipandu Dr Muhajir MSi selaku pembina Lughotuna.id sekaligus sekretaris PPM Kanwil DIY, diikuti sekitar 1.000 guru madrasah yang berasal dari berbagai penjuru nusantara dengan salah satu narasumber Dosen FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr Muqowim MA.

BERITA REKOMENDASI