Penting, Mapel TIK Masuk Kurikulum

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan mata pelajaran Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) masuk Kurikulum perlu didukung dengan sumber daya manusia unggul. Dorongan dari guru TIK agar mapel tersebut masuk Kurikulum juga perlu direspon positif karena perkembangan teknologi juga sudah menjadi kebutuhan dalam bidang pendidikan.

Pengamat Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Halili MA menyatakan, kebijakan TIK masuk Kurikulum sudah ada sejak tahun 2006, namun belum maksimal. "Agar anak-anak tidak ketinggalan kompetensinya dalam bidang IT, terutama dalam ranah mental dan skiil, memang TIK juga dimasukkan dalam Kurikulum" kata Halili, Senin (29/1/2018).

Sedangkan Pengamat Pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mengatakan, kemampuan teknologi bagi siswa wajib dikuasai, sehingga dorongan guru TIK agar mapel itu masuk Kurikulum juga perlu pencermatan. Bila TIK masuk Kurikulum, artinya mempelajari TIK, padahal bagi siswa, TIK adalah alat.

"Siswa perlu mendapatkan IT, didampingi sesuai kebutuhan, sehingga berbeda satu siswa dengan siswa lainnya dalam memberikan pelayanan. Jangan diformalkan, karena bisa menjadi beban bagi siswa," ujar Istiningsih, yang juga Wakil Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.(R-3)

BERITA REKOMENDASI