Penuhi Kuota, Sekolah Swasta Siapkan Berbagai Strategi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah swasta untuk memenuhi kuota yang sudah ditentukan. Pasalnya dengan adanya pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri, telah menimbulkan dampak diberbagai sektor kehidupan, termasuk ekonomi dan pendidikan. Untuk mengatasi kondisi tersebut sejumlah sekolah swasta mulai menyiapkan strategis khusus seperti mengintensifkan sosialisasi terkait PPDB.

“Sebetulnya adanya perubahan Juknis dalam PPDB tidak begitu berpengaruh bagi sekolah swasta seperti kami. Kendati demikian, untuk bisa memenuhi target kuota yang sudah ditentukan sekolah dituntut kreatif dan inovatif. Walaupun dalam realitanya untuk mewujudkan hal itu tidak mudah, karena berbagai keterbatasan yang ada di sekolah swasta,” kata Wakil Sekolah (Wakasek) SMA Gotong Royong, Yitro Dewantoro ST di Yogyakarta, Senin (15/6/2020).

Yitro mengungkapkan, mayoritas siswa yang ada di sekolahnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Karena sudah memiliki pangsa pasar tersendiri, meski PPDB sekolah negeri belum diumumkan, beberapa orangtua sudah ada yang datang ke sekolah untuk mendaftar atau sekadar cari informasi. Ada fenomena tersebut menjadikan dirinya semakin termotivasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas layanan.

BERITA REKOMENDASI