Penyiapan Kader Dolanan Anak Khas Tamansiswa

YOGYA (KRjogja.com) – Paguyuban Putra Wayah Pamong & Alumni Pemerhati Tamansiswa bekerjasama dengan Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa Taman Pendidikan Dewanti menyiapkan 'Kader Dolanan Anak Khas Tamansiswa' di Pendapa Agung Tamansiswa Yogyakarta berupa workshop dan pementasan.

"Kami ingin mengembalikan metode pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu Amboeka Raras Angesti Widji' maksudnya kesenian menjadi pepucuk dari pendidikan, olah seni harus menyatu dengan pendidikan," terang Ketua Panitia Listyo H Krisnarjo di Pendapa Tamansiswa, Jumat (05/08/2016).

Dia menjelaskam Olah seni yang menyenangkan dan membiasakan keindahan pada anak diterapkan menyatu dengan materi pelajaran. Peserta workshop adalah para pamong di lingkungan Tamansiswa se-Kota Yogya dan Ibu Pawiyatan, Cabang Jetis, Cabang Kumendaman, dan PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa berjumlah 30 orang.  

"Masih dalam tingkat dasar materinya pengenalan tembang, penyusunan naskah cerita tematik, pemilihan tembang, tata gerak dan implementasi iringan gamelan. Agar efektif mengelola lima tembang pilihan menjadi berbagai cerita tematik yang mampu dipentaskan." (War)

BERITA REKOMENDASI