Perawat jadi Pilar Penting Dunia Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Perawat sebagai basis terdepan dalam tenaga kesehatan memiliki peran yang sangat penting. Perawat tak bisa dipandang sebelah mata, keberadaannya juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya mewujudkan kesehatan dalam masyarakat. Melalui pelayanan yang dilakukan seorang perawat, kesehatan dapat terwujud selain dari upaya medis yang dilakukan.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo), Muhammad Judha SKep Ns MKes mengatakan perkembangan dunia kesehatan dewasa ini menempatkan perawat dalam posisi yang strategis. Perawat bahkan menjadi salah satu pilar dalam kesehatan selain dokter maupun bidang farmasi.

“Perawat merupakan profesi yang bersinggungan langsung dengan pasien. Dari perawat, pemantauan dan pelayanan kesehatan terhadap pasien dilakukan untuk mancapai kesehatannya,” ungkap Muhammad Judha dalam angkat sumpah dan pelantikan Ners Program Pendidikan Profesi Ners llmu Kesehatan Unversitas Respati Yogyakarta (Unriyo) di Hotel Sahid, Selasa (12/11/2019).

Muhammad Judha menjelaskan saat ini dalam dunia kesehatan seluruh profesi yang ada di dalamnya memiliki kedudukan yang sama, begitu pula dengan seorang perawat. Perawat memiliki kewenangan  untuk melakukan tindakan sesuai dengan kode etik profesinya untuk memberikan layana kesehatan.

“Jadi semua memiliki kewenangan sesuai dengan profesinya masing-masing. Dengan ini maka terjadi sinergitas dalam dunia kesehatan yang tujuan utama tentunya untuk masyarakat,” jelas Muhammad Judha yang juga Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional DIY tersebut.

Selain memberi pelayanan kesehatan, perawat menurut Muhammad Judha juga dituntut mampu memberikan edukasi kepada mengedukasi masyarakat. Perawat harus memberikan pengertian kepada masyarakat untuk mau mewarat dirinya, mampu melakukan perawatan serta yang semula tidak tahu menjadi tahu akan kesehatan.

Dalam angkat sumpah ini sebanyak 137 mahasiswa profesi Ners dilantik. Sebelumnya mereka telah lulus sarjana dan meneruskan program profesi selama satu tahun. (*)

BERITA REKOMENDASI