Pocil Dilatih Cintai Alam dan Lingkungan

MAGELANG (KRjogja.com) – Sebanyak 135 Polisi Kecil (Pocil) Polres Magelang, menanam 1000 pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) tepatnya di Jurang Jero, Desa Tegalrandu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Kegiatan di alam ini, merupakan pertama kali sejak Pocil Polres Magelang dibentuk sekitar enam bulan lalu.

"Ini pertama kali kami adakan di alam. Salah satu harapan kami, semoga anak-anak semakin mencintai alam dan lingkungan. Apalagi, mereka juga ikut menanam. Dengan sering berganti-ganti lokasi pembelajaran, diharapkan mereka juga tidak bosan," kata Kasatlantas Polres Magelang, AKP Maryadi, Minggu (04/09/2016).

Sebanyak 135 Pocil yang ikut kegiatan kemarin, kata Maryadi, berasal dari siswa-siswi SD dan MI unggulan di Kabupaten Magelang. Tersebar di 21 kecamatan diwilayah ini. Paling banyak berasal dari MI Muhammadiyah Paremono, Mungkid dan SD Negeri Muntilan. "Sebelumnya, mereka lebih banyak belajar baris berbaris dan aneka gerakan serta UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Mayoritas pembelajaran, selama ini kami lakukan di Polres Magelang," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, juga diikuti 64 anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dari dua sekolah. Yakni, SMA Negeri 2 Grabag dan MAN 1 Magelang. "Kami melibatkan mereka (PKS), karena juga ingin bersama-sama peduli tentang pelestarian alam. Dalam kesempatan ini, kami menanam 1000 tanaman berbagai jenis. Meliputi, gayam, karsen, mahoni, ringin dan lainnya," ungkapnya.

Sedang Koordinator Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH), Jadmiko mengatakan, selama ini pihaknya sudah sering menerima kunjungan dari sekolah-sekolah. Selain menanam pohon, mereka juga belajar tentang pembibitan dan merawat tanaman. "Kunjungan dari pocil ini, memang baru pertama kali ini. Namun sebenarnya, kami sudah sering menerima dari sekolah-sekolah lain. Umumnya, kedatangan mereka tidak hanya mengikuti pembelajaran di alam saja, namun jauh lebih penting dari itu adalah mengenalkan siswa akan pelestariaan alam," pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI