PPPTK Matematika Gelar Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran

YOGYA, KRJOGJA.com – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika menggelar kompetisi Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021 secara luring. Tahun ini ONIP mengusung tema “Merdeka Belajar: Implementasi dan Inovasi dalam Pembelajaran Matematika”.

Plt Kepala PPPPTK Matematika Hari Suryanto, S.IP, MPA dalam keterangannya menjelaskan, kompetisi tersebut merupakan salah satu inovasi program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan Matematika yang dicetuskan untuk mendorong guru melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
Ajang ONIP Matematika merupakan kompetisi bagi guru untuk menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran yang dibuatnya. Melalui kompetisi ini diharapkan guru termotivasi melakukan inovasi untuk mendukung pembelajaran di kelasya.

Sasaran Kompetisi ONIP Matematika 2021 adalah guru kelas SD/sederajat, guru matematika SMP/sederajat, guru matematika SMA/sederajat, serta guru matematika SMK/sederajat di Indonesia. Karya inovasi yang masuk kemudian diseleksi sebanyak 25 karya dan berhak mendapat kesempatan diundang secara luring untuk mengikuti proses Penilaian Produk, dimana peserta akan mendemonstrasikan produk dan mempresentasikan hasil karya inovasinya di hadapan Tim Penilai.

Karya inovasi pada ONIP Matematika 2021 terdiri dari dua kategori, yakni Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK dan Alat Peraga Matematika.

Untuk kategori Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK dengan ketentuan, produk kelas daring matematika (lengkap dengan konten, aktivitas, dan mekanisme penilaian). Misalnya Google classroom, Schoology, Edmodo, Moodle, dan sejenisnya.

BERITA REKOMENDASI