Presiden: Harus Ada Jurusan E-Commerce

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh menterinya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul demi menghadapi persaingan global.

Salah satu yang diingatkan adalah SDM di sektor teknologi. Saat ini kemajuan teknologi menjadi satu tuntutan masing-masing negara yang harus diimplementasikan. Jika tidak, maka dipastikan suatu negara akan tertinggal.

"Sering saya nyinggung SMK ,universitas, perguruan tinggi itu harus memiliki jurusan misalnya jurusan toko online, atau jurusan logistik, jurusan retail management online, jurusan animasi. Memang itu yang diperlukan," tegas Jokowi di IBDExpo 2017, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Dalam jurusan toko online yang diinginkan, salah satu pelajaran yang diajarkan adalah bahasa coding. Untuk membuat aplikasi atau infrastruktur berbasis internet, coding adalah modal dasar.

Untuk mendukung upayanya ini, Jokowi berjanji akan menyederhanakan berbagai aturan yang ada, dalam rangka mempermudah pembuatan start up atau perusahaan rintisan di Indonesia.

Bahkan Jokowi mengaku akan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020.

"Start up jangan dicekik dengan regulasi berlebihan. Jangan terlalu diatur-atur. Negara kita terlalu banyak aturan, regulasi, menyebabkan kita terjerat aturan sendiri. Biarkan ini jadi pekerjaan saya," tegas dia.(*)

BERITA REKOMENDASI