Prodi Informatika Unriyo Sambut Mahasiswa Baru Secara Virtual

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Studi (Prodi) Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) menggelar penyambutan mahasiswa baru yang diselenggarakan di kampus setempat, Kamis (09/07/2020). Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyambutan kali ini dilakukan secara virtual dengan berinteraksi langsung melalui channel YouTube bersama 583 mahasiswa baru.

Ketua Program Studi Informatika, I Wayan Ordiyasa SKom MT menjelaskan penyambutan ini dilakukan bagi para mahasiswa yang telah diterima pada pendaftaran gelombang I. Dari 583 mahasiswa baru yang diterima, 5 orang diantaranya merupakan mahasiswa dari luar negeri yakni Timor Leste.

Setelah gelombang I dibuka sejak sejak 25 April hingga 30 Juni, selanjutnya disusul pembukaan gelombang II pada 1 Juli sampai 31 Agustus dan gelombang III dimulai 1 September hingga 31 Oktober mendatang. Sesuai agenda akademik, dijadwalkan perkuliahan akan dimulai pada 2 November yang akan datang.

“Dalam situsi pandemi seperti ini tidak mungkin menggelar acara secara tatap muka langsung. Oleh karena itu penyambutan mahasiswa baru ini digelar secara virtual sehingga bisa diikuti seluruh mahasiswa di daerah dan luar negeri,” jelas Wayan.

Kegiatan virtual ini juga dijadikan pihak kampus untuk menyampaikan program-program pendidikan yang akan dilakukan. Mahasiswa baru maupun calon pendaftar juga dapat berinteraksi secara langsung untuk menanyakan segala hal terkait Prodi Informartika maupun perkuliahan.

Wayan menegaskan dunia informatika belakangan banyak diperbincangkan, terlebih saat masa pandemi seperti saat ini. Ketergantungan publik akan teknologi dan informatika sangat dibutuhkan untuk mengikuti perkembanan zaman yang terus bergerak maju.

“Profesi bidang informatika sangat dibutuhkan saat ini apalagi segala sesuatu kini dilakukan secara online. Lowongan kerja baik CPNS maupun swasta selalu membuka formasi informatika, jadi ilmu ini dapat diterapkan dimana-mana,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Sugeng Winardi SKom MT mengatakan perkembangan teknologi terus bergerak cepat. Jika tak bisa mengikutinya maka siapapun akan tertinggal dan sulit untuk menerima perubahan.

“Inilah sebabnya mengapa bidang informatika terus kami kembangkan dalam pendidikan. Tujuan tak lain menyiapkan para mahasiswa agar dapat bertarung dalam dunia kerja yang sesungguhnya,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI