Program Pintar Ajarkan Siswa Lebih Berani Kreatif

CILACAP, KRJOGJA.com – Agar dalam proses belajar mengajar lebih kreatif dan membawa perubahan positif baik bagi pengajar ataupun pelajar ke sejumlah sekolah dasar (SD), SMP, madrasah Ibtidaiyah (MI) dan MTs di Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, bekerja sama Tanoto Foundation menerapkan program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR). 

"Sebagai pilot projectnya, program tersebut diterapkan pada 27 sekolah  SD SM /MI MTs di Kecamatan Kesugihan dan Jeruklegi," ujar Asisten I Sekda Kab Cilacap Dian Setyabudhi, dalam Sosialisasi program PINTAR, Senin (16/12/2019). 

Menurutnya, Program PINTAR yang mengedepankan pola MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) itu semula dinilai  aneh dan tidak biasa, karena selama ini  dalam proses pembelajaran, guru yang Iebih banyak menerangkan dan murid hanya mendengar. Namun pada program PINTAR itu terdapat  banyak perubahan, siswa menjadi Iebih kreatif dan proses pembelajaran Iebih mengasyikan, sehingga siswa mudah menangkap pembelajaran. Disamping itu, ada pula perubahan prestasi, yang awalnya bakat anak-anak banyak terpendam, kemudian anak menjadi Iebih berani mengeluarkan dan mengasah bakat mereka dengan baik. 

Kepala Dinas P dan K Cilacap Budi Santoso, mengatakan, program PINTAR sejalan dengan kebijakan baru Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan  Nadiem Makarim, tentang  konsep Merdeka Belajar. "Merdeka belajar merupakan kemerdekaan berpikir,  terutama esensi kemerdekaan berpikir itu harus ada di guru dulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di murid," katanya. 

Koordinator Tanoto Foundation Jawa Tengah, Nur Kholis mengatakan, program sudah diterapkan di sejumlah daerah, terutama di Sumatera." Untuk Jawa Tengah masih baru, kami sudah menandatangani kerjasama dengan Bupati Cilacap dan Kepala Dinas P dan K Cilacap," katanya.

Menurutnya, tahun depan, pihaknya akan menunjukan hasil pelaksanaan program PINTAR tersebut kepada Pemkab Cilacap, sekolah-sekolah mitra dan non mitra. (Otu)

BERITA REKOMENDASI