Program Praktik Atasi Kejenuhan Siswa

YOGYA, KRJOGJA.com – Berdasarkan monitoring dan pengaduan orangtua siswa, pembelajaran di rumah menimbulkan rasa jenuh, kurang aktivitas fisik, banyak tugas yang harus dikirim, dan penggunaan kuota atau pulsa yang membengkak terutama saat pembelajaran menggunakan video.

“Melalui berbagai diskusi dan pengalaman guru maka kami menetapkan program praktik Jumat Trengginas,” jelas Kepala SMPN 15 Yogyakarta Siti Arina Budiastuti MPd BI kepada KRJOGJA.com, Rabu (26/8/2020).

Menurut Arina Trengginas merupakan akronim dari Terampil dalam karya, penggiat fisik, nasionalis, agama dan seni yang menyenangkan. Hal itu menurutnya untuk mengatasi kejenuhan, kurangnya aktivitas fisik dan banyak tugas yang harus dikirim serta penggunaan kuota yang membengkak.

Program tersebut mengkhususkan pada hari Jumat untuk praktik ‘Trengginas’. Yaitu praktik keterampilan melalui pelajaran prakarya, praktik giat fisik melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Praktik karakter nasionalis melalui pelajaran PKn, praktik agama melalui Pelajaran Pendidikan Agama dan praktik seni melalui pelajaran seni budaya yang semua praktik diseting dengan berbagai kegiatan belajar di rumah dimana siswa dibolehkan memilih kegiatan yang disenanginya.

BERITA REKOMENDASI