Puluhan SD Dilibatkan Pembuatan KBS

WONOGIRI (KRjogja.com) – Kalangan murid sekolah dasar (SD) di sejumlah wilayah Wonogiri khususnya  daerah hulu Waduk Gajahmungkur (WGM) dilibatkan dalam budaya menanam bibit penghijauan melalui program KMDM (Kecil Menanam Dewasa Memanen). Tahun 2016 ini ada sebanyak 20 SD di Wonogiri mendapat stimulan pembuatan kebun bibit sekolah (KBS) yang bertujuan ke depan mampu mengendalikan laju sedimentasi WGM yang selama ini masih relatif besar.

"Kita harapkan jika sejak anak-anak sudah gemar memelihara lingkungan (kebun) akan membawa dampak positif menekan erosi ke waduk WGM," tandas Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Wonogiri Ir Gatot Siswoyo MM, didampingi Kabid Kehutanan setempat Ir Joko Fajar Kiswanto saat ditemui KR di kantornya, Selasa (13/9/2016).

Menurut Gatot, program KMDM di daerahnya merupakan jawaban atas seruan Presiden Jokowi saat berkunjung ke daerah Wonogiri beberapa waktu lalu untuk menyelamatkan WGM dari ancaman pelumpuran yang terus terjadi. Ditambahkan, Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga sangat konsen untuk melakukan reboisasi hutan yang gundul di kawasan waduk Wonogiri.

"Sehingga tahun ini APBD kita mengalokasi bantuan untuk pengadaan KBS di 20 SD senilai Rp 40 juta," kata Gatot sembari menandaskan kegiatan penbibitan tersebut lebih bersifat edukasi bagi generasi muda mulai dari jenjang SD agar cinta bumi dan lingkungan. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI