Sabtu, SMAN 1 Pakem Adakan Sosialisasi PPDB

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tahun ini, pemerintah memberlakukan aturan baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA negeri. Jika tahun-tahun sebelumnya input data dilakukan oleh petugas dari sekolah yang dituju, pada tahun ajaran baru ini calon siswa yang harus memasukkan sendiri data lewat situs resmi PPDB (siap-ppdb.com).

"Bagi sebagian calon siswa atau orangtua, input data secara online itu tentu cukup rumit. Sebab semua data harus dimasukkan sendiri setelah calon siswa mendapat pin/token dari sekolah yang dituju. Tak hanya itu saja, orangtua juga harus paham alur dari awal sampai berkas diserahkan ke sekolah tersebut," ungkap Kepala SMAN 1 Pakem Kristya Mintarja MEd di kantornya, Kamis (15/06/2017).

Menurut Kristya, tata cara PPDB tahun ini tidak semudah tahun lalu. Untuk itulah dia berniat mengadakan 'Sosialisasi Tata Cara PPDB' bagi masyarakat umum terutama lulusan SMP bersama orangtuanya di SMAN 1 Pakem Sleman, Sabtu (17/06/2017) mulai pukul 08.30-12.00 WIB. Tak hanya sekolahnya, namun acara itu terselenggara bersama SMAN 1 Turi, SMAN 1 Cangkringan, SMAN 1 Ngemplak dan SMAN 1 Ngaglik.

Sosialisasi itu akan disampaikan langsung dari Balai Telkomdik Disdikpora DIY. Dengan harapan, orangtua dan calon siswa bisa paham tata cara PPDB dengan sistem online. Dikatakan, verifikasi keabsahan bagi KK miskin juga harus dilaksanakan di kantor Disdikpora DIY, atau pendaftar dari luar DIY harus input data di Balai Dikmen Sleman.

"Kami khawatir jika nanti setelah mendapat pin atau token para orangtua itu akan berpikir kalau semua sudah beres. Padahal, mereka belum sama sekali mendaftar. Karena pendaftaran baru akan dimulai pada 5 Juli 2017 mendatang, setelah sebelumnya ambil pin/token di sekolah yang dituju. Jadi kami berharap orangtua atau wali murid yang masih bingung bisa datang ke sosialisasi nanti gratis," jelasnya.

Kristya menambahkan, pada acara itu juga akan ditampilkan semua potensi dari lima sekolah tersebut dalam sebuah pameran. Jadi, orangtua dan calon siswa bisa tahu potensi termasuk keunggulan yang dimiliki lima sekolah ini. Sebab, dalam PPDB nanti siswa harus memilih tiga sekolah yang dituju. Namun tujuan utama acara ini ingin memberikan gambaran mengenai tata cara maupun informasi PPDB SMA negeri bagi calon siswa sekaligus orangtuanya. (Adk)

 

BERITA REKOMENDASI