Science Camp, Lahirkan Peneliti Muda

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai bagian mencari bibit unggul dan melahirkan peneliti dan wirausahawan muda, Sagasitas Comunity, bekerjasama dengan Dikpora DIY dan MKKS SMA di Bantul menggelar Science Camp 2019. Acara yang digelar di  SMAN 2 Bantul ini diikuti oleh ratusan siswa dan guru dari 24 SMA di Bantul. 

Koordinator Sagasitas, Zaenal Abidin, Minggu (29/12/2019) usai pelaksanaan Science Camp 2019 menuturkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan semangat siswa dalam melakukan penelitian.

"Minimal menanamkan kecintaan pelajar SMA terhadap kegiatan penelitian dan kewirausahaan. Guru sengaja dilibatkan dalam kegiatan ini agar terdapat persepsi yang sama dengan siswa tentang bidang penelitian dan kewirausahaan yang akan ditekuni. Dengan pemahaman yang sama antara guru dan siswa akan memudahkan dalam mencapai target," jelas Zaenal.

Adapun Sagasitas adalah komunitas yang berada di bawah binaan Disdikpora DIY ini berdiri sejak 16 tahun lalu. Selama berdiri Sagasitas mampu mengantarkan DIY menjadi 8 kali juara umum nasional lomba penelitian dan wirausaha tingkat SMA dari 11 kali penyelenggaraan.

Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul Drs. Suhirman, M.Pd menambahkan meski kegiatan ini baru pertama kalinya diadakan di Bantul namun kedepan pihaknya berharap kegiatan Science Camp akan dilaksanakam rutin.

"Kegiatan ini sangat dibutuhkan sekolah dalam mengembangkan prestasinya terutama dalam hal penelitian. Sebuah penelitian tidak hanya dituntut kuantitas atau banyak saja tetapi kualitas serta aplikasinya itu yang paling penting," jelas Suhirman. (Aje)

BERITA REKOMENDASI