Sekolah Diminta Verifikasi Kondisi Calon Siswa

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Verifikasi  lapangan dilakukan pihak SMA/SMK di Sukoharjo untuk melakukan pengecekan kondisi ekonomi calon siswa pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sesuai perintah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Sukoharjo Sukamto, Minggu (18/06/2017) mengatakan, verifikasi SKTM dilakukan setelah muncul banyak protes dari masyarakat. Pemegang SKTM untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diduga terjadi kecurangan. Bahkan,  beberapa diantaranya berasal dari keluarga mampu.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah memberikan perintah semua SMA/SMK untuk melakukan verifikasi. Petugas wajib melakukan pencocokan data dan pengecekan lapangan melihat kondisi ekonomi calon siswa pemegang SKTM. 

Apabila dalam verifikasi ternyata pemegang SKTM berasal dari keluarga tidak mampu atau miskin maka calon siswa bisa diterima disekolah yang dituju. Namun bila sebaliknya atau terjadi kecurangan dimana keluarga mampu menggunakan SKTM maka langsung dilakukan pencoretan.

"Verifikasi dilakukan oleh pihak sekolah dengan mengerahkan petugas melakukan pengecekan lapangan mendatangi rumah calon siswa pemegang SKTM. Hasilnya dilaporkan masing masing SMA/SMK di Sukoharjo ke provinsi. Selanjutnya akan dipakai acuan dalam PPDB," ujar Sukamto. (Mam)

BERITA REKOMENDASI