Siapkan Lulusan SMK dengan Pelatihan Soft Skill

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan soft skill siswa SMK sebagai bekal memasuki dunia kerja, Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang tergabung dalam Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) menginisiasi program pelatihan kesiapan kerja (employability skill) di SMKN 1 Sedayu Bantul, Rabu (21/10/2020) dan Kamis (22/10/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, siswa kelas XII dan guru pendamping.

Tim PPM UAD yakni Koordinator Dr Fatwa Tentama MSi dibantu Bagus Gumelar MM, Siti Kurnia Widi Hastuti MPH, Ahmad Rizal Solihudin MBA, Dr Surahma Asti Mulasari MKes, Rokhmayanti MPH, Tri Wahyuni Sukesi MPH dan Sulistyawati MPH. Bagus Gumelar menyampaikan, lulusan SMK memang disiapkan untuk langsung bekerja.

Artinya mereka harus memiliki kompetensi yang baik, hard skill dan soft skill harus saling melengkapi sehingga tidak boleh diabaikan salah satunya. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang dibutuhkan oleh lulusan SMK di pasar kerja,” kata Bagus Gumelar, melalui keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Fatwa Tentama menuturkan, materi pelatihan ini sangat penting dimiliki oleh setiap siswa SMK menjelang kelulusannya. Sebab saat ini persaingan di dunia kerja sangat ketat.

“Banyak aspek yang akan menentukan berhasil tidaknya lulusan SMK mendapatkan pekerjaan, dan saat menjalani pekerjaannya. Salah satunya adalah aspek soft skill,” ujar Fatwa Tentama.

Hari pertama materi yang disampaikan meliputi pelatihan adaptasi, pelatihan manajerial, pelatihan wirausaha dan pendidikan anti korupsi dan narkoba. “Hari kedua materi yang disampaikan meliputi pelatihan motivasi, pelatihan komunikasi, pelatihan kedisiplinan dan tanggung jawab, dan pelatihan kemandirian,” ungkapnya

Menurut Fatwa Tentama, permasalahan soft skill memang seringkali terabaikan. Dan belum diberikan secara maksimal kepada siswa SMK. (*)

BERITA REKOMENDASI