Siswa SMP Stece Ternyata Gunakan Seragam Batik Buatan Sendiri

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebuah stand di festival Jogja Kota Batik Dunia “Batik To The Moon” di Jogja Expo Center (JEC) 25-29 Oktober 2017 terlihat cukup berbeda dari yang lain. Dua anak remaja terlihat berada di stand tersebut dan selalu melemparkan senyum ceria pada pengunjung yang melewati area di bagian tengah hall JEC.

Baju batik yang berwarna cerah dengan motif menarik juga terlihat dikenakan kedua siswi ini. Ternyata, dua remaja tersebut bernama Faustine Salim dan Damarwulan Angelica Florentine Emanuella dari SMP Stella Duce (Stece) Yogyakarta.

Bukan tanpa alasan, sekolah yang berada di Jalan Dagen ini mengikuti gelaran Batik To The Moon yang digagas Pemda DIY melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). KRjogja.com sempat berbincang sejenak dan bertanya alasan sekolah tersebut ikut dalam sebuah agenda pameran batik khas Yogyakarta.

“Batik-batik yang kami kenakan di seragam ini adalah buatan kami sendiri. Di sekolah kami (Stece) murid kelas 8 dan 9 wajib membuat batik sendiri dengan motif kawung, mega mendung atau flora fauna untuk digunakan sebagai seragam,” ungkap Faustine Kamis (26/10/2017).

Batik-batik yang dikenakan para siswa merupakan jenis batik tulis yang dibuat dengan imajinasi masing-masing siswa. “Sebelum membuat sendiri, kami juga dapat pelajaran filosofi batik dan sejarahnya. Jadilah macam-macam karya yang kami kenakan setiap seminggu sekali,” sambung Angelica.

Komitmen akan batik inilah yang ternyata dimulai sejak tahun 1985 inilah yang kemudian juga mengantar SMP Stece memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai sekolah pelopor penggunaan batik karya sendiri tahun 2012 lalu. Kegiatan membatik ini pun akan terus dilestarikan oleh pihak sekolah tahun-tahun selanjutnya.

Penasaran mau tahu seperti apa batik-batik siswa SMP Stece, atau jenis batik khas Yogyakarta lainnya? Kunjungi Batik To The Moon di JEC hingga 29 Oktober 2017. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI