Situasi Memburuk, UN Bisa Ditunda

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Abdul Mu’ti menyebut, Ujian Nasional atau UN di setiap wilayah bisa ditunda demi menghindari penyebaran wabah virus corona Covid-19.

“Dalam hal Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya, maka UN dapat dijadwalkan kemudian setelah berkoordinasi dengan Penyelenggara dan Panitia UN Tingkat Pusat,” ujar Abdul Mu’ti melalui Surat Edaran Nomor 0114/SDAR/BSNP/III/2020 tertanggal 14 Maret 2020.

Hal itu mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional yang ditetapkan BSNP.

Sementara, lanjut Mu’ti, bagi daerah yang tidak menyatakan darurat penyebaran virus tersebut, maka UN digelar sebagai mestinya.

“Dalam hal Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota tidak menyatakan keadaan darurat atau meliburkan kegiatan pendidikan di sekolah/madrasah di wilayahnya, maka Ujian Nasional tetap dilaksanakan sesuai jadwal, POS, dan Protokol UN yang telah ditetapkan oleh BSNP,” jelas Mu’ti.

BSNP sendiri merasa khawatir akan penyebaran virus tersebut. Terlebih virus ini telah melanda dunia bahkan menelan korban jiwa yang tidak sedikit.(*)

BERITA REKOMENDASI