SMAN 4 Juara Olimpiade Pariwisata Nasional

YOGYA (KRjogja.com) – Tim SMAN 4 Yogyakarta keluar sebagai juara I Olimpiade Pariwisata # 5 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Diploma III Pariwisata Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Peserta dari berbagai daerah. Lomba berlangsung di Grha Sabha Pramana awal November 2016. 

Tim SMAN 4 Yogyakarta terdiri dari Sufyana Mahmudah kelas XI IPS1, Yumna Rana Naurah kelas XI IPA3 dan Fardan Berliansyah Walyadani XII IPA2. Siswa SMAN 4 Yogyakarta itu mempresentasikan desa wisata Dusun Trumpon Desa Merdikorejo Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Presentasi menggunakan bahasa Jepang, karena ketentuan lomba menggunakan bahasa tersebut. 

Menurut siswa SMAN 4 itu, Trumpon punya potensi wisata yang layak disajikan kepada wisatawan. Di antaranya pembuatan jamu tradisional, tempat pemancingan, tari badui, outbond, homestay dan gardu pandang untuk melihat pemandangan Gunung Merapi."Sayangnya desa wisata itu saat kami melakukan penelitian tengah vakum, tidak ada kegiatan," kata Yumna. 

Meskipun begitu Yumna sempat mewawancarai salah seorang pengelola desa wisata tersebut. Di Trumpon, wisatawan bisa melihat langsung pembuatan jamu tradisional, memancing, atau belajar tari badui. Di sana ada sanggar tari, atau juga wisatawan bisa melakukan outbond, atau sekadar memandang indahnya Gunung Merapi. Sedang untuk bermalam, penduduk setempat menyediakan rumahnya sebagai homestay. (War)

BERITA REKOMENDASI