SMK di DIY Terus Didorong Jadi BLUD

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, terus mendorong agar SMK bisa menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Ini mengingat, melalui BLUD, SMK yang memiliki produk-produk unggulan, dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel, tanpa melanggar peraturan. Selain itu, BLUD juga mendorong optimalisasi pendapatan, tapi semua itu dikembalikan dalam bentuk layanan kepada masyarakat.

“Setelah menjadi BLUD, peran sekolah menjadi lebih besar. Karena mereka bisa merencanakan dan mengelola pendapatan. Tidak perlu membebani sekolah, bila ingin menambah fasilitas. Tapi memaksimalkan aset untuk meningkatkan pelayanan,” kata Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya MPd akhir pekan lalu.

Menurut Didik, pihaknya berharap SMK yang sudah menjadi BLUD, bisa memotivasi SMK lain. Dengan begitu selain mereka lebih leluasa dalam mengembangkan potensi dan kreativitas yang dimiliki, SMK secara tidak langsung jadi termotivasi meningkatkan kualitas. Karena dengan menjadi BLUD, diharapkan SMK jadi terdorong untuk lebih mandiri.

BERITA REKOMENDASI