SMP Muh 7 Yogya Adakan Ujicoba Ujian Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018-2019, SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggelar Uji coba Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) ke-20. Uji coba dengan mengusung tema 'Uji Kompetensi Meraih Prestasi US/M 2018' dilangsungkan di sekolah tersebut, Purbayan RT 53 RW 13 Kotagede, Yogya, Minggu (18/03/2018).

Ketua panitia Uji Coba US/M Fakhri Inayati SPd Si yang didampingi wakil Ketua panitia, Eny Dwi Muslikhatin kepada  KR

menjelaskan, Uji Coba (Try-out) ke-20 tahun ini diikuti sebanyak 788 peserta dari 63 SD yang ada di  Kota Yogya, Sleman dan Bantul.

"Kita sudah melakukan Uji Coba ini sejak 1999 lalu hingga memasuki Tahun Ajaran 2018-2019 ini. Animo peserta cukup tinggi. Kita hanya mematok target 750 peserta, tapi kenyataannya pesertanya mampu mencapai 788 peserta. Dan lagi pula kita tidak semata-mata terpenuhinya target peserta, tapi juga mempertimbangkan kemampuan sekolah ini dalam menampung jumlah peserta," terang Fakhri Inayati.

Dijelaskan, setelah para peserta ini mengikuti uji coba sekitar dua jam, mereka diarahkan oleh pihak panitia penyelenggara ke depan panggung yang terletak sebelah Barat halaman sekolah untuk menyaksikan pentas seni berupa karawitan, perdalangan, tari, band, Palang Merah Remaja (PMR) dan keterampilan olahraga beladiri tapaksuci persembahan extra kurikuler para siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogya.

"Yang menarik dari penyelenggaraan kegiatan Uji coba ujian sekolah/madrasah ini, di antaranya soal uji coba dibuat tim guru SMP 7 Muhammadiyah 7 Yogya. Selain itu ada pentas seni, pembagian hadiah untuk peserta yang masuk 10 Besar berupa trofi,uang pembinaan dan pembagian doorprize. Khusus bagi mereka yang menempati peringkat I,II dan III disamping mendapat trofi dan uang pembinaan masih ditambah dengan tas eksklusif. 

"Begitu pula bagi peserta yang menempati peringkat 10 besar berkesempatan masuk SMP Muhammadiyah 7 Yogya TA 2018-2019 tanpa seleksi," ujar Fakhri sembari menjelaskan SMP Muhammadiyah 7 Yogya ini dikepalai Dra Ismiyati. (Rar)

BERITA REKOMENDASI