Tahun Ajaran Baru Tak Berubah, Tatap Muka Tunggu Covid-19 Mereda

MESKI pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih terjadi, namun proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 tetap dimulai. Artinya sistem pembelajaran akan segera masuk Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Tidak ada pengunduran waktu tahun ajaran baru, apalagi berubah menjadi awal tahun 2021.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad menegaskan bahwa ada perbedaan antara dimulainya Tahun Ajaran Baru dengan tanggal dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk tatap muka.
“Tanggal 13 Juli adalah tahun pelajaran baru, tetapi bukan berarti kegiatan belajar mengajar tatap muka. Metode belajar akan tergantung perkembangan kondisi daerah masing-masing,” jelas Hamid

Lebih lanjut, Hamid mengatakan bahwa kalender pendidikan Indonesia dimulai pada minggu ketiga bulan Juli dan berakhir pada akhir bulan Juni. “Dengan dimulainya PPDB ini sebenarnya sudah jelas bahwa kami tidak memundurkan kalender pendidikan ke bulan Januari. Kenapa tidak memundurkan? Karena kalau memundurkan maka akan ada konsekuensi yang harus kita sinkronkan,” ungkap Hamid.

BERITA REKOMENDASI