Terkait Dukungan Kebijakan Mendikbud, Ini Alasan Muhammadiyah

SOLO,KRJOGJA.com – PP Muhammadiyah pasang badan mendukung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhajir Efendi beserta Peraturan Menteri No 23 tahun 2017 tentang 5 hari sekolah. Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir dengan tegas menyatakan mendukung sepenuhnya terhadap kebijakan Mendikbud tersebut untuk dilaksanakan.

"Karena itu PP Muhammadiyah meminta kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo Jusuf Kalla  untuk membackup, memperkuat, mendorong dan melindungi kebijakan Mendikbud demi tegaknya pendidikan karakter dan kualitas manusia Indonesia ke depan," tandas Haedar Nasir di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (19/6/2017) malam. Ia didampingi sejumlah pengurus pusat diantaranya Busro Muqodas dan H Marpudji Ali.

Pernyataan dukungan disampaikan karena PP Muhammadiyah merasa adanya wacana tuntutan publik agar Mendikbud mundur atau dicopot. Menurut Haedar Nasir itu tidak lagi kritik terhadap substansi, tapi masuk pada politisasi. "Karena itu Muhammadiyah membackup dan tidak ingin ada politisasi. Tentu semua bisa membaca bersama adanya indikasi ke arah politisasi," tegasnya.

PP Muhammadiyah mendukung penuh terhadap kebijakan 5 hari sekolah dan Mendikbud Muhajir Efendi. Keduanya tidak bisa dipisahkan, antara menteri dan kebijakannya. Jadi Presiden Jokowi dan Mendikbud diharapkan tetap pada kebijakan ini demi tegaknya terlaksananya pendidikan karakter lewat sistem.

"Muhammadiyah pengalaman di situ, ide gagasan tak mungkin abstrak, tapi harus melalui sistem sekolah lima hari hari. Dan pak Muhajir Efendi adalah kader Muhammadiyah yang sangat memahami terhadap pendidikan. Apalagi Muhammadiyah melalui Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan para pakar telah mengkaji kebijakan 5 hari sekolah.

Dan Mendikbud mengeluarkan Peraturan Menteri 23 tahun 2017 adalah mengimplemntasikan komitmen Presiden Jokowi untuk penguatan pendidikan karakter. Penguatan ini menjadi komitmen politik pemerintah sehingga Muhammadiyah ikut mendukung sepenuhnya.(Qom)

Baca: Muhammadiyah Dukung Rencana Lima Hari Sekolah

BERITA REKOMENDASI