Ternyata Indonesia Masih Kekurangan 1,3 Juta Guru

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia ternyata masih kekurangan 1 juta guru di sekolah negeri pada tahun ini. Jumlah ini akan terus bertambah, dan hingga 2024 bisa kekurangan hingga 1,3 juta guru.

Pemerintah berharap bisa menutup kekurangan tersebut melalui seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka pada bulan ini. Seleksi ini bagian dari penerimaan CPNS 2021.

Namun, jumlah penetapan formasi untuk guru PPPK berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sampai tadi malam, Selasa 22 Mei 2021 hanya sebanyak 525.667.

“Kami sangat berharap bahwa seleksi ASN PPPK ini akan dilanjutkan pada tahun depan, karena kalau melihat kebutuhan guru ini jika tidak terpenuhi sampai 2024, bisa sampai 1.312.759 kekurangan guru kami,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nunuk Suryani, saat RDP dengan Komisi X pada Kamis (23/6/2021).

BERITA REKOMENDASI