Tim PKM UAD Latih Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Guru SMA Mutu

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembelajaran sekolah saat masa pandemi menuntut para guru untuk terus kualitas diri. Pembelajaranya secara online yang dilakukan menuntut adanya inovasi serta kreativitas guru dalam mengemasnya. Tujuannya tak lain agar pendidikan tetap dapat berjalan dan ilmu yang diberikan mampu diterima siswa.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diusung oleh Dosen Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Drs Wahyu Pujiyono MKom dan Bambang Robi’in ST MT mengadakan pelatihan untuk pengembangan media pembelajaran berbasisi information and communication of technology (ICT) dan pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta (Mutu) selama tiga hari, Selasa (29/09/2020) sampai Kamis (01/10/2020).

Wahyu Pujiyono MKom menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT yang berkualitas dalam pembelajaran daring. Hal ini penting untuk dilakukan terutama saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua sekolah menyelenggarakan pembelajaran secara daring.

“Pelatihan ini dilakukan untuk membekali guru agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang berbasis multimedia sehingga menjadi menarik. Siswa menjadi tidak bosan dalam belajar dan mudah memahami materi pelajaran,” ujar Wahyu Pujiono.

Bambang Robi’in menjelaskan, kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 sehingga hanya dapat diikuti oleh 11 guru SMA Mutu. “Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pelatihan tetap menjaga jarak antar para peserta,” ungkap Bambang Robi’in.

Kepala sekolah SMA Mutu Darmansyah SH menyampaikan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru SMA Mutu. “Meskipun tidak semua bisa mengikuti pelatihan ini, kami berharap peserta dapat menularkan kemampuanya kepada guru yang lain,” terang Darmansyah. (*)

BERITA REKOMENDASI