Tips Mempersiapkan Studi ke Luar Negeri

Editor: Ivan Aditya

SEKOLAH ke luar negeri merupakan hal yang diimpikan oleh sebagian orang, banyak pelajar yang bertekad untuk melanjutkan studinya di luar negri. Tidak heran memang, karena sistem pendidikan di luar negeri terkenal berkualitas mumpuni. Ditambah dapat kesempatan untuk mengenal kebudayaan lebih luas dan yang paling penting pengalaman yang sangat berharga.

Menurut CEO Naresy International Education Consultant (NIEC) Arnantyo Naresworo, pendidikan di luar negeri memiliki perbedaan dengan yang ada di Indonesia sehingga diperlukan mencari informasi mengenai pendidikan di luar negri. “Biasanya jurusan yang ada di luar negeri berbeda dengan di Indonesia, jadi harus banyak cari informasi tentang pendidikan disana,” ujarnya.

Arnantyo memberikan beberapa tips bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studinya terutama kuliah ke luar negri, agar keinginannya bisa tercapai. Berikut tips yang diberikan :

Latih Kemampuan Bahasa Inggris

Bagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negri harus mempersiapkan secara baik kualitas bahasa Inggris, sebab kemampuan bahasa Inggris yang fasih adalah sebuah kewajiban. Sebagai syarat pendaftaran universitas, biasanya kampus memiliki nilai ukur sesuai TOEFL atau IELTS tergantung universitas dan negara yang dituju.

Mencari Informasi

Jika berencana melanjutkan studi di luar negeri tentunya harus mencari informasi tentang proram studi dari berbagai kampus disetiap negaranya. Informasi ini bisa didapatkan di pameran-pameran pendidikan luar negri, salah satunya pameran pendidikan yang diadakan oleh NIEC. Selain itu juga harus mempelajari budaya, biaya hidup, makanan, hingga cara bergaul.

Memiliki Kemauan yang Kuat

Tidak sedikit orang yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri namun terganjal oleh biaya kuliah yang tinggi. Sebenarnya jika memiliki kemauan dan ketekunan yang kuat biaya bukan menjadi halangan dan kendala untuk melanjutkan studinya.  Sebab banyak yang menawarkan beasiswa baik dari pemerintah ataupun dari kampusnya. Ataupun bisa kuliah sambil bekerja sehingga tidak menghabiskan uang tetapi juga menghasilkan uang.

Miliki Alternatif

Di luar negeri banyak pilihan perguruan tinggi. Bagi yang ingin berorientasi pada skill dan kompetensi keahlian ada pilihan vokasi atau diploma. Jadi tidak harus program sarjana. Kuliah ke luar negeri juga tidak harus menunggu lulus kuliah di Indonesia. Bahkan selepas lulus SMA bisa langsung melanjutkan kuliah di luar negeri. 

Pentingnya Konsultan Pendidikan

Sangat penting untuk mengetahui informasi pendidikan di luar negeri sebanyak-banyaknya. Keberadaan konsultan pendidikan bisa sangat diperlukan karena memberikan informasi yang dibutuhkan. Namun, perlu mencermati dan mencari konsultan pendidikan luar negeri yang terpercaya. 

(Rizki Oktavian)

BERITA REKOMENDASI