UNS Kukuhkan Enam Guru Besar

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Rektor Universitas Sebelas Marer (UNS) Solo, Prof Dr Jamal Wiwoho menyatakan dalam era Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) guru besar dituntut harus terus mengembangkan riset dan berinovasi. Ini menjadi salah satu ukuran keberhasilan pencapaian target kinerja PTNBH.

“Jadi kerja berinovasi wajib menjadi arus utama karena inovasi diyakini bisa menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa,” Jamal pada pengukuhan enam guru besar baru di auditorium GPH Haryo Mataram, Selasa (09/03/2021).

Dengan tambahnya enam profesor, lanjutnya, jumlah guru besar UNS tercatar 235 orang dan 131 orang di antaranya adalah guru besar aktif. Jumlah ini diakui belum mencapai kebutuhan ideal. Tapi mereka diharapkan bisa memberikan motivasi yang lain untuk meraih guru besar.

“Mereka dituntut lebih produktif dalam riset dan menullis buku. Sehingga mereka mampu menunjukan kluster riset yang pada akhirnya meningkatkan reputuasi UNS di bidang riset inovasi,” kata Prof Jamal.

Dengan otoritas keilmuan yang dimiliki, keberadaan guru besar sangat penting untuk menciptakan pusat-pusat keunggulan strategis. Hal inilah yang akan mendorong kemajuan UNS dan keberlangsungan hajat hidup bangsa dan negara Inonesia,.

Guru besar yang dikukuhkan yakni Prof Dr Bandi MSi Ak CA CT CPA, Prof Dr Izza Mafruhah SE MSi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), kemudian Prof Dr Joko Triyono ST MT dari Fakultas Teknik, Prof Dr Ir Sudadi, Prof Dr Ir Endang Yuniastuti MSi dan Prof Dr Ir Supriyadi MS dari Fakultas Pertanian. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI