Wisuda Unik ala UNS, Mahasiswa ‘Drive Thru’ Naik Andong

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Dalam era new normal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar wisuda sarjana yang dikemas secara unik. Wisudawan yang datang langsung di kampus Kentingan, Sabtu (27/06/2020) mengikuti prosesi wisuda model drive thru. Uniknya wisudawan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Wisuda oleh rektor Prof DrJamal Wiwoho pmenggabungkan secara luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan). Ada 15 wisudawan luring, mereka adalah lulusan cumlaude yang tinggal di sekitar Solo. Sementara 314 wisudawan lainnya berada di rumah masing masing.

Sebanyak 15 wakil wisudawan telah dusiapkan berbagai alat transportasi yang ramah lingkungan. Ada becak, andong, sepeda, motor elektrik dan mobil elektrik. Mereka dari depan kampus datang beriringan melewati kanopi gedung rektorat Dr Prakosa. Di situ para lulusan diwisuda secara drive true.

Satu persatu rektor Prof Jamal memindahkan kucir sebagai simbol pewisudaan. Setelah itu rombongan senat kembali ke Gedung Auditorium GPH. Haryo Mataram untuk melanjutkan prosesi wisuda. Prlaksanaan wisuda periode III kali ini merupakan bentuk implementasi physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Berhubung sampai saat ini perkembangan penyebaran wabah Covid-19 masih relatif cukup tinggi, sehingga tetap harus menerapkan physical distancing dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan,” jelas rektor.

Sementara adanya wisudawan yang datang langsung disambut gembira. Karena mereka bisa merasakan suasana wisuda di kampus meski tetap terbatas. (Qom)

BERITA REKOMENDASI